Today Quotes

Mengingatkan dan menerima

"Jika kita menemukan kebenaran dari "mereka" (the others/al-akhar), kita seyogyanya menerima dengan gembira dan menghargainya. Tetapi jika kita menemukan kesalahan dari "mereka", kita mengingatkan dan menerima maaf mereka". (Ibn Rusyd al-Hafid)

Penasaran

الانسان حريص على ما منع كلما أمرت المرأة أن احتجبي، إزداد تلهفها إلى أن تظهر نفسها، وازدادت رغبة الخلق في تلك المرأة بسبب احتجابها "Manusia selalu berhasrat untuk mengetahui hal-hal yang dilarang. Manakala kau menyuruh perempuan berhijab (menutupi diri), dia akan semakin berhasrat memperlihatkan dirinya dan semakin banyak orang lain berhasrat melihat dirinya". (Rumi, dalam Fihi ma Fihi)  

Ibumu, Orang yang utama untuk ditemani dengan sebaik-baiknya

جاء رجل إلى رسول الله ﷺ فقال: يا رسول الله، من أحق الناس بحسن صحابتي؟ قال: أمك قال: ثم من؟ قال: أمك، قال: ثم من؟ قال: أمك، قال: ثم من؟ قال: أبوك .متفق عليه. Seseorang menemui Nabi dan bertanya: Wahai Nabi, "Siapakah orang yang utama untuk aku temani dengan sebaik-baiknya"? Beliau menjawab: "ibumu". Terus siapa lagi? "Ibumu", lalu siapa lagi? "Ibumu". Kemudian siapa? "Ayahmu", pungkas Nabi. Dan ibu itu pasti perempuan.

Perempuan adalah separoh jiwa bangsa dan umat manusia

Perempuan adalah separoh jiwa bangsa dan umat manusia. Di dalam dirinya tersimpan potensi besar dalam seluruh aspek kehidupan. Perempuan adalah ibu manusia. Dari tubuhnya semua manusia dikandung dan dilahirkan. Jangan menyakiti tubuh dan jiwanya. Bila engkau menyakitinya, engkau menyakiti seluruh bangsa dan dunia manusia.

Peran Agama

Peran agama sesungguhnya membuat orang sadar akan fakta bahwa dirinya merupakan bagian dari anggota umat manusia, dan bagian dari alam semesta”. (Gus Dur)

Hidup itu misteri

Hidup itu misteri. Kita ada di dunia ini tanpa kehendak kita. Lalu kita bertemu satu sama lain, saling menyapa, berkelana ke sana ke mari, dan saling berjauhan. Sebagian kita bahkan saling memusuhi. Lalu tiba-tiba kita saling kehilangan, berpisah dan meninggalkan dunia ini tanpa kehendak kita pula. Kita tidak pernah mengerti mengapa kita ada di sini, untuk apa, lalu mengapa ditiadakan? Hidup ini hanyalah pinjaman belaka.